mirror of
https://github.com/moodle/moodle.git
synced 2025-02-03 22:59:04 +01:00
78 lines
4.6 KiB
HTML
78 lines
4.6 KiB
HTML
|
<P ALIGN=CENTER><B>Penilaian Forum</B></P>
|
||
|
|
||
|
<P>Posting perseorangan akan dinilai menggunakan dasar skala berdasarkan teori
|
||
|
dari <strong>pengetahuan terpisah dan berhubungan</strong>.
|
||
|
|
||
|
<p>Teori ini bisa membantu Anda untuk melihat interaksi manusia dalam pandangan
|
||
|
yang baru. Ini menjelaskan dua cara yang berbeda dimana kita dapat mengevaluasi
|
||
|
dan belajar tentang sesuatu yang kita lihat dan dengar.
|
||
|
|
||
|
<p>Walaupun setiap dari kita bisa mneggunakan kedua cara ini dalam jumlah yang
|
||
|
berbeda dalam saat yang berbeda, ini bisa sangat berguna dengan membayangkan dua
|
||
|
orang sebagai contoh, satu adalah orang yang lebih kearah orang yang
|
||
|
berpengetahuan terpisah (Jim) dan yang lainnya lebih kearah orang yang
|
||
|
berpengetahuan berhubungan (Mary).</p>
|
||
|
<ul>
|
||
|
<li>Jim suka untuk mengingat se 'objektif' yang dimungkinkan tanpa mengikutkan
|
||
|
perasaan dan emosi. Saat didalam diskusi dengan orang lain yang mungkin
|
||
|
mempunyai pemikiran yang berbeda, dia menyukai untuk mempertahankan
|
||
|
pemikirannya sendiri, menggunakan logika untuk menemukan celah pada pemikiran
|
||
|
lawannya. Dia adalah kritis terhadap pemikiran baru sampai dia mendapatkan
|
||
|
bukti yang kuat dari sumber yang dapat dipercaya seperti dari buku literatur,
|
||
|
pengajar yang dikagumi atau dari pengalamannya sendiri. Jim adalah orang yang
|
||
|
sangat berpengetahuan terpisah.<br><br>
|
||
|
</li>
|
||
|
<li>Mary lebih sensitif terhadap orang lain. Dia punya kemampuan untuk
|
||
|
berempati dan cenderung untuk mendengarkan dan bertanya sampai dia merasa dia
|
||
|
bisa berhubungan dan "mengerti sesuatu dari cara mereka melihat".
|
||
|
Dia belajar dari mencoba untuk berbagi pengalaman yang mengarah kepada
|
||
|
pengetahuan yang ia temukan pada orang lain. Jika berbicara pada orang lain,
|
||
|
dia menghindari konfrontasi dan akan sering mencoba untuk membantu orang
|
||
|
lain tersebut jika ia melihat cara untuk melakukannya, menggunakan pemberian
|
||
|
saran secara logika. Mary adalah orang yang sangat berpengetahuan berhubungan.</li>
|
||
|
</ul>
|
||
|
<p>Apakah Anda memperhatikan dalam contoh ini bahwa orang yang berpengetahuan
|
||
|
terpisah adalah pria sementara orang yang berpengetahuan berhubungan adalah
|
||
|
wanita? Beberapa penelitian memperlihatkan statistik ini berlaku menjadi sebuah
|
||
|
kasus, bagaimanapun orang perseorangan dapat berada dimana saja diantara
|
||
|
pandangan-pandangan dua kasus ekstrim ini. </p>
|
||
|
<p>Untuk kelompok pelajar yang efektif dan bekerjasama mungkin yang terbaik
|
||
|
adalah jika setiap orang dapat menggunakan KEDUA cara untuk tahu ini.</p>
|
||
|
<p>Dalam situasi yang terpisah seperti pada forum online, posting tunggal dari
|
||
|
seseorang mungkin memperlihatkan salah satu dari karakter ini, atau bahkan
|
||
|
keduanya. Seseorang yang secara umum sangat terhubung mungkin akan memposting
|
||
|
pesan yang sangat berbeda, atau sebaliknya. Kegunaan dari penilaian tiap posting
|
||
|
menggunakan skala ini adalah untuk:</p>
|
||
|
<blockquote>
|
||
|
<p>a) membantu Anda berfikir tentang persoalan ini sambil membaca posting
|
||
|
lainnya<br>
|
||
|
b) memberi saran kepada tiap penulis mengenai bagaimana mereka dilihat oleh
|
||
|
orang lain</p>
|
||
|
</blockquote>
|
||
|
<p>Hasilnya tidak dapat dipergunakan dalam penilaian siswa tentunya, ini hanya
|
||
|
untuk membantu dalam pengembangan komunikasi dan proses belajar.</p>
|
||
|
<hr>
|
||
|
<p><br>
|
||
|
Jika Anda tertarik, ini adalah beberapa referensi dalam makalah oleh penulis
|
||
|
asli yang mengembangkan permasalahan ini:</p>
|
||
|
<ul>
|
||
|
<li>Belenky, M.F., Clinchy, B.M., Goldberger, N.R., & Tarule, J.M. (1986).
|
||
|
Women's ways of knowing: the development of self, voice, and mind. New York,
|
||
|
NY: Basic Books.</li>
|
||
|
<li>Clinchy, B.M. (1989a). The development of thoughtfulness in college women:
|
||
|
Integrating reason and care. American Behavioural Scientist, 32(6), 647-657.</li>
|
||
|
<li>Clinchy, B.M. (1989b). On critical thinking & connected knowing. Liberal
|
||
|
education, 75(5), 14-19.</li>
|
||
|
<li>Clinchy, B.M. (1996). Connected and separate knowing; Toward a marriage
|
||
|
of two minds. In N.R. Goldberger, Tarule, J.M., Clinchy, B.M. &</li>
|
||
|
<li>Belenky, M.F. (Eds.), Knowledge, Difference, and Power; Essays inspired
|
||
|
by “Women’s Ways of Knowing” (pp. 205-247). New York, NY:
|
||
|
Basic Books.</li>
|
||
|
<li>Galotti, K. M., Clinchy, B. M., Ainsworth, K., Lavin, B., & Mansfield,
|
||
|
A. F. (1999). A New Way of Assessing Ways of Knowing: The Attitudes Towards
|
||
|
Thinking and Learning Survey (ATTLS). Sex Roles, 40(9/10), 745-766.</li>
|
||
|
<li>Galotti, K. M., Reimer, R. L., & Drebus, D. W. (2001). Ways of knowing
|
||
|
as learning styles: Learning MAGIC with a partner. Sex Roles, 44(7/8), 419-436.
|
||
|
<br>
|
||
|
</li>
|
||
|
</ul>
|