moodle/lang/id/help/forum/ratings.html
2002-11-29 04:58:27 +00:00

78 lines
4.6 KiB
HTML

<P ALIGN=CENTER><B>Penilaian Forum</B></P>
<P>Posting perseorangan akan dinilai menggunakan dasar skala berdasarkan teori
dari <strong>pengetahuan terpisah dan berhubungan</strong>.
<p>Teori ini bisa membantu Anda untuk melihat interaksi manusia dalam pandangan
yang baru. Ini menjelaskan dua cara yang berbeda dimana kita dapat mengevaluasi
dan belajar tentang sesuatu yang kita lihat dan dengar.
<p>Walaupun setiap dari kita bisa mneggunakan kedua cara ini dalam jumlah yang
berbeda dalam saat yang berbeda, ini bisa sangat berguna dengan membayangkan dua
orang sebagai contoh, satu adalah orang yang lebih kearah orang yang
berpengetahuan terpisah (Jim) dan yang lainnya lebih kearah orang yang
berpengetahuan berhubungan (Mary).</p>
<ul>
<li>Jim suka untuk mengingat se 'objektif' yang dimungkinkan tanpa mengikutkan
perasaan dan emosi. Saat didalam diskusi dengan orang lain yang mungkin
mempunyai pemikiran yang berbeda, dia menyukai untuk mempertahankan
pemikirannya sendiri, menggunakan logika untuk menemukan celah pada pemikiran
lawannya. Dia adalah kritis terhadap pemikiran baru sampai dia mendapatkan
bukti yang kuat dari sumber yang dapat dipercaya seperti dari buku literatur,
pengajar yang dikagumi atau dari pengalamannya sendiri. Jim adalah orang yang
sangat berpengetahuan terpisah.<br><br>
</li>
<li>Mary lebih sensitif terhadap orang lain. Dia punya kemampuan untuk
berempati dan cenderung untuk mendengarkan dan bertanya sampai dia merasa dia
bisa berhubungan dan &quot;mengerti sesuatu dari cara mereka melihat&quot;.
Dia belajar dari mencoba untuk berbagi pengalaman yang mengarah kepada
pengetahuan yang ia temukan pada orang lain. Jika berbicara pada orang lain,
dia menghindari konfrontasi dan akan sering mencoba untuk membantu orang
lain tersebut jika ia melihat cara untuk melakukannya, menggunakan pemberian
saran secara logika. Mary adalah orang yang sangat berpengetahuan berhubungan.</li>
</ul>
<p>Apakah Anda memperhatikan dalam contoh ini bahwa orang yang berpengetahuan
terpisah adalah pria sementara orang yang berpengetahuan berhubungan adalah
wanita? Beberapa penelitian memperlihatkan statistik ini berlaku menjadi sebuah
kasus, bagaimanapun orang perseorangan dapat berada dimana saja diantara
pandangan-pandangan dua kasus ekstrim ini. </p>
<p>Untuk kelompok pelajar yang efektif dan bekerjasama mungkin yang terbaik
adalah jika setiap orang dapat menggunakan KEDUA cara untuk tahu ini.</p>
<p>Dalam situasi yang terpisah seperti pada forum online, posting tunggal dari
seseorang mungkin memperlihatkan salah satu dari karakter ini, atau bahkan
keduanya. Seseorang yang secara umum sangat terhubung mungkin akan memposting
pesan yang sangat berbeda, atau sebaliknya. Kegunaan dari penilaian tiap posting
menggunakan skala ini adalah untuk:</p>
<blockquote>
<p>a) membantu Anda berfikir tentang persoalan ini sambil membaca posting
lainnya<br>
b) memberi saran kepada tiap penulis mengenai bagaimana mereka dilihat oleh
orang lain</p>
</blockquote>
<p>Hasilnya tidak dapat dipergunakan dalam penilaian siswa tentunya, ini hanya
untuk membantu dalam pengembangan komunikasi dan proses belajar.</p>
<hr>
<p><br>
Jika Anda tertarik, ini adalah beberapa referensi dalam makalah oleh penulis
asli yang mengembangkan permasalahan ini:</p>
<ul>
<li>Belenky, M.F., Clinchy, B.M., Goldberger, N.R., &amp; Tarule, J.M. (1986).
Women's ways of knowing: the development of self, voice, and mind. New York,
NY: Basic Books.</li>
<li>Clinchy, B.M. (1989a). The development of thoughtfulness in college women:
Integrating reason and care. American Behavioural Scientist, 32(6), 647-657.</li>
<li>Clinchy, B.M. (1989b). On critical thinking &amp; connected knowing. Liberal
education, 75(5), 14-19.</li>
<li>Clinchy, B.M. (1996). Connected and separate knowing; Toward a marriage
of two minds. In N.R. Goldberger, Tarule, J.M., Clinchy, B.M. &amp;</li>
<li>Belenky, M.F. (Eds.), Knowledge, Difference, and Power; Essays inspired
by &#8220;Women&#8217;s Ways of Knowing&#8221; (pp. 205-247). New York, NY:
Basic Books.</li>
<li>Galotti, K. M., Clinchy, B. M., Ainsworth, K., Lavin, B., &amp; Mansfield,
A. F. (1999). A New Way of Assessing Ways of Knowing: The Attitudes Towards
Thinking and Learning Survey (ATTLS). Sex Roles, 40(9/10), 745-766.</li>
<li>Galotti, K. M., Reimer, R. L., &amp; Drebus, D. W. (2001). Ways of knowing
as learning styles: Learning MAGIC with a partner. Sex Roles, 44(7/8), 419-436.
<br>
</li>
</ul>